SIM PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)
KABUPATEN BREBES - (Ver. 1.0)


KEPUTUSAN BUPATI BREBES

NOMOR  050 / 064   TAHUN 2011

TENTANG

PENETAPAN ORGANISASI PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI  ( PPID )
DAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PEMBANTU


 BUPATI BREBES,

 

 

 

 

Menimbang

:

a.

bahwa dalam rangka melaksanakan keterbukaan informasi publik maka Pemerintah Kabupaten Brebes perlu menetapkan Organisasi dan Penunjukan  Pejabat  Pengelola  Informasi   dan  Dokumentasi ( PPID ) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu ;

 

 

b.

bahwa untuk maksud sebagaimana tersebut butir a perlu ditetapkan dengan Keputusan Bupati.

Mengingat

:

1.   

Undang - Undang Nomor 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah - daerah Kabupatendalam Lingkungan Propinsi Jawa Tengah ;

 

 

2.     

Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah dengan Undang - Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas  Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah ;

 

 

3.     

Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik  (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4846);

 

 

4.     

Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038) ;

 

 

5.     

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 152, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5071) ;

 

 

6.     

Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140, Tambahan Lembaran  Negara Republik  Indonesia Nomor 4578) ;

 

 

7.     

Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/ Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007  Nomor 82, Tambahan Lembaran  Negara Republik  Indonesia Nomor 4737) ;

 

 

8.     

Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007  Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik  Indonesia Nomor 4741) ;

 

 

9.     

Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ;

 

 

10. 

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah ;

 

 

11. 

Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010  tentang Standar Layanan Informasi Publik ;

 

 

12. 

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 68 Tahun 2010 tentang Komisi Informasi Provinsi (Berita Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010 Nomor 68) ;

 

 

13. 

Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 3 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintahan Daerah Kabupaten Brebes ( Lembaran Daerah Kabupaten Brebes Tahun 2008 Nomor 8 ) ;      

 

 

14. 

Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pola Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes ( Lembaran Daerah Kabupaten Brebes Tahun 2008 Nomor 9 ) ;

 

 

15. 

Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Brebes ( Lembaran Daerah Kabupaten Brebes Tahun 2008 Nomor 10 ) ;

 

 

16. 

Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Brebes (Lembaran Daerah Kabupaten Brebes Tahun 2008 Nomor 11 ) ;

 

 

17. 

Peraturan Daerah Kabupaten Brebes Nomor 7 Tahun 2008 tentang  Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, Inspektorat, Satuan Polisi Pamong Praja dan Lembaga lain Kabupaten Brebes ( Lembaran Daerah Kabupaten Brebes Tahun 2008 Nomor 12 ).

 

MEMUTUSKAN :

Menetapkan

:

 

 

KESATU

:

 

Menetapkan Organisasi, Menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID ) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu sebagaimana tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran II  Keputusan ini.

KEDUA

:

 

Tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasidan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu  sebagaimana dimaksud Diktum KESATU Keputusan ini sebagai berikut :

  1. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, bertugas :
    a.  Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;
    b.  Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik ;
    c.    Melakukan verifikasi bahan informasi publik ;
    d.    Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan;
    e.    Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan
    f.     Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.
  2. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu bertugas :
    a.    Membantu Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ;dan
    b.    Menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada Pejabat Pengelola Informasi secara berkala dan sesuai kebutuhan.

 

KETIGA

 

:

 

 

Dalam rangka melaksanakan tugasnya. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

KEEMPAT

 

:

 

Segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya Keputusan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Brebes.

KELIMA

:

 

Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.